Menikmati Keindahan Pantai Balekambang, Tempat Wisata Malang Tanah Lot-nya Jawa Timur

Pantai Balekambang – Berbagai obyek wisata yang ada di Malang akhir-akhir ini tengah menjadi sorotan. Malang dianggap memiliki deretan obyek wisata potensial salah satunya adalah Pantai Balekambang. Tempat wisata Malang yang berada di kawasan Dusun Sumber Jambe, Desa Srigonco, Kecamatan Bantur, Malang ini disebut-sebut sebagai “Tanah Lot-nya” Jawa Timur. Hal ini bukan tanpa alasan, sekilas topografi dari pantai ini memang menyerupai Pantai Tanah Lot di Bali karena memiliki pulau di lepas pantai dengan bangunan pura diatasnya.

Kalau kamu berkesempatan mengunjungi pantai ini, kamu pasti akan terpukau dengan pemandangan gugusan batuan karang di tepian pantai yang membentang sepanjang 2km. Ketika air laut surut, banyak ikan-ikan kecil nan cantik yang terjebak di antara batuan karang ini. Belum lagi dengan ombaknya yang tenang serta pemandangan matahari terbenamnya yang juara bikin kamu ketagihan untuk berkunjung ke tempat ini lagi.

Yang membuat Pantai Balekambang ini berbeda dengan Pantai Tanah Lot yakni pantai ini tak hanya memiliki satu pulau di lepas pantai, melainkan tiga pulau lepas pantai yakni Pulau Anoman, Pulau Ismoyo dan Pulau Wisanggeni. Pulau Ismoyo merupakan pulau yang memiliki bangunan Pura Luhur Amertha Jati diatasnya. Pulau ini terletak sekitar 70 meter dari bibir pantai dan pengunjung bisa melewati sebuah jembatan untuk mencapai ke pura ini.

Pantai Balekambang tak hanya ramai di musim liburan saja tapi juga ramai dikunjungi orang terutama umat Hindu ketika Hari Raya Nyepi.  Pada Bulan Hijriyah atau bulan Suro, penduduk sekitar memanfaatkan Pantai Balekambang sebagai lokasi perayaan Upacara Suroan dan Upacara Jalanidhi Puja. Banyak wisatawan yang mengunjungi pantai Balekambang ini sekaligus melakukan ziarah ke makam Syaikh Abdul Jalil yang berlokasi sekitar 1 kilometer dari pantai.

Untuk mencapai ke Pantai Balekambang, kamu bisa menggunakan transportasi umum angkutan kota jurusan terminal Gadang. Kemudian lanjutkan perjalanan dengan menggunakan angkutan jurusan Bantur. Sesampainya di Bantur, kamu harus menyewa jasa ojek untuk bisa mencapai pantai ini karena belum ada kendaraan umum yang menuju Pantai Balekambang. Di samping menikmati pemandangan sunset dan indahnya gugusan batuan karang, kamu juga bisa menikmati wahana flying fox di pantai ini atau menikmati sajian seafood di warung-warung sekitar pantai.

Anda mungkin juga menyukai ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Konsultasi Gratis
Konsultasi Gratis
Halo.. Ada yang bisa kami bantu ?